IN HOUSE TRAINING (IHT) BTCLS DAN TRIAGE

RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor mengadakan In House Training (IHT) BTCLS dan Triage pada hari Senin tanggal 19 s/d 26 Oktober 2020, bertempat di RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor. Untuk pelatihan Triage pesertanya terdiri dari seluruh dokter umum dan seluruh pegawai IGD serta 1 orang perawat ruangan dengan total peserta 40 orang. Sedangkan untuk pelatihan BTCLS pesertanya terdiri dari perwakilan perawat ruang rawat inap, rawat jalan, IGD, Hemodialisa, OK, ICU, perwakilan kepala ruangan dan perwakilan kepala instalasi dengan total sebanyak 43 orang.

Untuk tanggal 19 s/d 22 oktober 2020 kegiatan dilakukan dengan metode daring menggunakan zoom meeting. Sedangkan tanggal 23 s/d 26 oktober 2020 kegiatan praktik dengan tatap muka tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Acara pembukaan berlangsung pada tanggal 23 oktober 2020 dibuka langsung Direktur RS, dr. Syaifullah Saleh, Sp.PD, pada sambutan tersebut beliau menekankan begitu pentingnya respontime dalam menangani kegawat daruratan di IGD maupun diruangan lainnya. Untuk itu RS selalu berkomitmen untuk meningkatkan skill individu setiap pegawai RS melalui pelatihan-pelatihan baik yang diadakan di dalam RS maupun mengikuti pelatihan di luar RS.

Tujuan di adakan kegiatan IHT BTCLS dan Triage ini, untuk pelatihan BTCLS peserta mampu memahami dan melaksanakan penanganan kegawat daruratan sesuai prosedur yang ada. Sedangkan untuk pelatihan Triage peserta mampu mengklasifikan pasien berdasarkan skala prioritas keakutan kondisi pasien.

Untuk materi BTCLS dan Triage sesuai dengan standar terbaru, kemudian hal praktik pelatihan BTCLS ada 5 kompetensi yang dilakukan, yaitu :

  • Assigment Review
  • CPR with AED and Cardiac Arrest Managemen ( Megacode )
  • Airway Management
  • Initial Assessment & Management
  • Splinting, Bandaging, Stabilization & Evacuation.

Untuk pelatihan Triage praktiknya berupa demonstrasi pemilahan pasien ditempat kejadian sampai dibawa ke RS. Diakhir kegiatan ditutup langsung oleh Direktur yang diwakilkan Kasi Diklat, Rosalina, S.Kep, Ns dan sekaligus pembagian hadiah bagi peserta yang berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *