Survei Verifikasi Akreditasi RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit

Tepat dua tahun setelah dilakukan survei akreditasi Desember 2017 lalu oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan mendapat predikat bintang 5 Paripurna, pada hari Rabu 18 Desember 2019 bertempat di Aula Lt 2  RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu  dilaksanakan Survei Verifikasi Akreditasi yang ke dua kalinya.

Diawali dengan acara penyambutan kedatangan surveyor oleh Direktur RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor, beberapa perwakilan dari Pemerintah Daerah dan  beberapa pejabat RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor dan beberapa Tim Akreditasi.

Dilanjutkan dengan acara pembukaan kegiatan verifikasi dengan yang dihadiri oleh dewan pengawas rumah sakit, Jajaran direksi, pejabat struktural dan fungsional, dokter spesialis dan dokter umum, pokja- pokja serta tim yang terkait. Pada kesempatan ini dr. H. Syaifullah Saleh, Sp. Pd selaku Direktur RSUD. dr. H. Andi Abdurrahman Noor menyampaikan beberapa paparan  indikator mutu yang mengacu pada kemenkes dan standar akreditasi KARS yang terlaksana dan tidak terlaksana  serta penerapan PPS ( Perencanaan Perbaikan Strategis ) yang ditelah direkomendasikan oleh KARS. Akreditasi KARS ini harus diakui telah secara nyata merubah budaya seluruh program rumah sakit menuju perbaikan mutu pelayanan dan menyadarkan bahwa pelayanan pasien harus dilaksanakan dengan sungguh – sungguh demi keselamatan pasien yang berfokus pada kepentingan pasien menggunakan tolak ukur yang objektif, mengedepankan mutu dan keselamatan pasien, dilaksanakan secara kolaboratif untuk seluruh PPA, dievaluasi pelaksanaannya dan diperbaiki secara terus menerus. Sehingga pada saat akreditasi yaitu quality improvement dan pasien safety serta continue of care telah secara perlahan tapi pasti menempatkan pasien sebagai subjek dalam proses perbaikan kesehatannya.

Setelah acara pembukaan berlangsung kegiatan dilanjutkan dengan selusur dokumen yang tujuannya untuk memastikan apakah PPS yang direkomendasikan oleh surveyor sebelumnya telah terlaksana. Selusur dokumen ini diwakili oleh 15 pokja yang menjadi tim akreditasi RSUD. dr. H. Andi Abdurrahman Noor yaitu Pokja  PMKP, SKP, TKP, KPS, HPK, PP, APK, AP, PPI, MKI, PAB, MDGS, MFK,  MPO dan PPK.

Selesai selusur dokumen kegiatan dilanjutkan dengan selusur ruangan / lapangan, Setelah melewati beberapa tahapan dari kegiatan survey yaitu dari pembukaan, selusur dokumen dan selusur ruangan, surveyor memberikan beberapa kesimpulan yang beliau sampaikan saat acara Exit Comfrence yaitu :

1. Kesan Umum
    a. Presentasi direktur lengkap dan jelas
    b. Rumah sakitnya asri
    c. Pejuang Mutu RSUD H. Andi Abdurrahman Noor semangatnya luar biasa
    d. Dokumen rekomendasi hampir lengkap
    e. Fasilitas yang disediakan dalam proses survey verifikasi sangat memadai
    f. Hasil selusur lapangan cukup memuaskan

2. Kesan Khusus
a. Memberikan jaminan, kepuasan dan perlindungan kepada masyarakat
b. Memberikan pengakuan kepada RS yang telah menerapkan standar yang ditetapkan
c. Menciptakan lingkungan internal RS yang kondusif untuk penyembuhan dan pengobatan pasien sesuai         standar struktur, proses dan hasil (outcome)

3. Penilaian untuk PPS ( Perencenaan Perbaikan Strategis )
    a. Hampir semua POKJA sudah menyelesaikan rekomendasi dari hasil verifikasi I walaupun masih ada 0,3 % (rekomendasinya)
    b. Apreasi kepada Direktur, semua spesialis, dan seluruh civitas RSUD. dr. H. Andi Abdurrahman Noor yang mau dan mampu memenuhi standar akreditasi yang menjadi temuan sebelumnya secara lengkap dan rapi.
    c. Regulasi harus dipahami betul dan diimplementasikan sesuai dengan ep yang diminta
    d. Tentukan indikator RS

4. arapan
    a. Budaya kerja seluruh stake holder dan karyawan rumah sakit agar berorientasi pada standar
    b. Proses pelayanan sesuai SPO dan Standar lainnya yg berorientasi kepuasan pelanggan (patient care)
    c. Perencanaan manajemen / operasional rumah sakit sesuai dengan Standar
   d. Meningkatnya kinerja rumah sakit (output & outcome)
   e. Meningkatnya kesejahteraan karyawan
   f.Manfaat rumah sakit untuk masyarakat dekat dan jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *