Gerakan 6 (Enam) Langkah Cuci Tangan

Sepunggur (16/06) – Organisasi Kesehatan dunia (WHO) menganjurkan kepada seluruh elemen masyarakat agar rajin mencuci tangan. Tujuannya agar bakteri tidak sampai masuk ke tubuh sehingga kita terhindar terkena beragam jenis penyakit. Bayangkan, jangan sampai kita menemui pasien malah memberikannya lebih banyak penyakit atau meninggalkan pasien membawa kuman penyakit yang bisa dibawa hingga pulang ke rumah dan menular pada keluarga di rumah. Oleh sebab itu RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor menggalakkan Gerakan Enam Langkah Cuci Tangan yang juga merupakan bagian dari elemen akreditasi rumah sakit. Pokja PPI RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor sendiri sudah melaksanakan sosialisasi dan evaluasi berkenaan dengan ketaatan cuci tangan ini terutama di kalangan petugas rumah sakit.

Adapun 5 (lima) momen yang baik mencuci tangan sehingga salah satu prinsip pencegahan dan kontrol infeksi dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:

  1. sebelum kontak dengan pasien,
  2. sebelum tindakan aseptik,
  3. setelah terkena cairan tubuh pasien,
  4. setelah kontak dengan pasien, dan
  5. setelah kontak dengan lingkungan di sekitar pasien.

6 (enam) langkah cuci tangan pada prinsipnya dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) yang dilakukan selama 20-30 detik atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash) yang dilakukan selama 40-60 detik. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tuang cairan atau sabun antiseptik pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *