Penyusunan Program Audit Keperawatan (Pro Akep)


Jumat, 30 Oktober 2016 dilaksanakan Kegiatan Pendidikan dan pelatihan Penyusunan Program Audit Keperawatan (Pro Akep) oleh narasumber dari Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan, Ns. Rusmegawati, S.Kep, M.Kep. Diklat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat dalam melaksanakan audit keperawatan. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari PPNI, IBI, perwakilan dari STIKES Darul Azhar, Kepala Instalasi Rawat Inap, seluruh Kepala Ruangan, Para Ketua Tim dan Perawat Pelaksana yang tergabung dalam Tim Audit. Kegiatan terbagi dalam 2 sesi, sesi pertama penyampaian materi dari narasumber dan sesi kedua simulasi pelaksanaan audit keperawatan sampai penyusunan program kerja hasil audit.

Program Audit Keperawatan merupakan upaya peningkatan mutu untuk mencegah kesalahan dalam penanganan atau tindakan keperawatan dan menjamin keselamatan pasien (patient safety). Program Audit ini menggunakan suatu kriteria atau standar untuk melihat apakah penanganan suatu kasus/pasien telah sesuai atau belum sesuai, menemukan adanya penyimpangan (gap), menjelaskan sebab-sebab adanya penyimpangan, merumuskan perbaikan, lakukan langkah perbaikan, menyusun program kerja.

Pelaksanaan Audit Keperawatan menggunakan Instrument A (dokumentasi penerapan SAK), Instrumen B (Evaluasi persepsi pasien terhadap mutu pelayanan Asuhan Keperawatan), Instrumen C (observasi tindakan keperawatan), indikator kegiatan ruang rawat dan indikator mutu pelayanan keperawatan.

 

  

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *